Pakai Robot Forex atau Manual di EXNESS?

Kalo saya sih sebenarnya milih EA Robot Forex. Betapa enaknya hidup ini kalo trading sudah bisa digantikan EA. Ngga perlu capek-capek lagi didepan layar monitor, pasti disiplin dan kalo system tradingnya bagus, besar kemungkinan profit konsisten.

Apa saya sekarang pake EA Robot Forex di EXNESS? Sayangnya tidak. Saat ini trading saya full manual. Kalo pun ada software pembantu yang saya pake itu bentuknya script, untuk mempermudah dalam menclose posisi aja sesuai keinginan saya.

Kenapa tidak pakai EA Robot Forex di EXNESS? 

Alasan utama karena system trading manual saya belum bisa dibuat EA nya. Udah pernah dicoba, tapi tidak benar-benar bisa meniru system trading saya.

Alasan kedua karena MT4 adiministrator. Makhluk apa pula itu ?

Bagi teman-teman yang paham mekanisme kerja broker pasti tau ada tools super sakti yang bernama MT4 administrator yang dipegang oleh broker.  Dengan tools itu, broker yang punya niat jelek bisa melakukan apa aja.  Sekali lagi.....APA SAJA, pokoknya suka-suka broker lah. Tapi mohon maaf sy ngga bisa  detailkan disini yaaa.

Nah salah satu kesaktian" MT4 administrator adalah bisa mengacaukan EA manapun yang sedang jalan. Bukan rahasia bila para pemilik atau pengguna EA tidak memantau EA nya sepanjang waktu. Karena untuk apa pake EA kan kalo kita masih perlu memantaunya. Maka kebanyakan para pemakai EA membiarkan EA nya begitu aja. Karena memang doktrinnya seperti itu.

Nah kondisi itu berpotensi terjadinya kecurangan dari pihak broker. Saya tidak menuduh yaaa. Tapi seandainya broker mau, mereka punya kuasa sangat besar untuk melakukannya. Asal punya niat aja.

Manual atau Robot Forex


Dalam MT4 administrator, pengembang menyediakan plug in yang bisa di customize sesuai permintaan user, dalam hal ini broker.  Misal yang terkenal salah satunya  plug ini vitual dealer dan banyak lagi plug in - plug in lain. Salah satu plug in yang paling banyak digunakan adalah plug in yang dipakai untuk mengacaukan kerja EA.

Karena itu jangan heran sering sekali terjadi kasus EA yang lagi bagus-bagusnya tiba-tiba zonk. Dan biasanya itu terjadi setelah pengguna EA nya rame. Masalah posisi hantu lah,  posisi yang tak terpasang, TP  dan SL yang bergeser, SL hunter, slip page melebar otomatis, spread melebar jauh,  posisi terclose tanpa sebab, dan banyak lagi jenis kejadian lainnya. Berita buruknya adalah...semua itu bisa diatur di MT4 administrator.

Selama ini para pengguna EA berfikir itu salah EAnya, logicnya, EA bekerja dengan algoritma yang sudah pasti. Maka EA tidak mungkin memasang posisi diluar  program yang ada di EAnya. Tapi dalam banyak kasus, banyak sekali pengguna EA melaporkan tentang posisi hantu. Apa itu posisi hantu? Teman-teman pasti sudah pahamlah. Dan biasanya dari posisi hantu itulah kerugian signifikan terjadi. Ini cuma salah satu contoh saja.

Jadi memang riskan kalo ternyata broker tempat kita menjalanlan EA tersebut punya potensi curang atau pernah diberitakan curang terhadap kliennya.

Saya tentu tidak bisa menyebutkan broker mana sekarang yang begitu dan yang pasti bukan broker EXNESS. Sangka baik saya saat ini, mudah-mudahan semua broker sudah meninggalkan praktik-praktik curang seperti ini. Semoga saja.

Tetap saja ada kemungkinan bahwa EA yang dibuat memang ngga bagus. Jadi tanpa perlu dimanipulasi brokerpun EA nya tetap rugi, habis sendiri.

Karena salah saru sahabat saya orang broker pernah cerita, 90% klien mereka memang loss dan uangnya mc karena ngga bisa trading. Ngga perlu diapa2in ialng sendiri uangnya 🤣🤣🤣. Jadi bukan salah siapa-siapa, emang karena kebodohan sendiri 🙈.

Itu saja sedikit catatan dari saya. Anggap aja ini cuma informasi, bukan saran atau nasehat. Jadi silahkan disikapi masing-masing.  

Related

Strategi Exness 3932684397277437195

Posting Komentar

emo-but-icon

Follow Us

EXNESS Post

Recent

Comments

EXNESS Lewat Email

item